Kesalahan Saat Bermain Gitar Dan Solusinya


Kesalahan dalam bermain gitar sering kali tidak disadari oleh gitaris pemulah bahkan segelintir gitaris yang sudah lama bergelut dalam dunia pergitaran. Kesalahan - kesalahan yang dilakukan pasti membuat permainan gitar menjadi tidak enak untuk didengar dan tidak menghasilkan permainan gitar yang maksimal sehingga gitaris akan cepat cape atau cepat terasa sakit terutama kuku di jari kiri. Berikut kesalahan - kesalahan dalam bermain gitar dan solusinya :
  • Posisi jari dalam membentuk kunci atau chord salah dan kurang penekanan jari pada senar. Hal ini dapat menyebabkan efek buzz atau kata lainnya senar gitar dibunyikan dan mengeluarkan suara gitar yang terdengar suara "zret - zret" seperti suara lebah. Selain itu, dapat menyebabkan senar gitar tidak mengeluarkan suara dan terdengar suaranya hanya "dep - dep". Kedua suara tersebut akibat dari posisi jari yang salah dan kurang kuat (untuk pemula bahkan mahir).
    • Solusi
      • Cobalah mengatur posisi jari yang senyaman mungkin dan tidak bersentuhan dengan senar yang lain yang seharusnya tidak ditekan dan atur juga posisi telapak tangan dan jempol, tujuannya untuk membantu jari - jari membentuk chord secara sempurna.
      • Tekan senar sekuat mungkin (pemula), hal ini bertujuan untuk memastikan penekanan pada senar benar - benar mantap dan tidak menghasilkan efek buzz pada senar gitar. Jika membunyikan senar pada kekuatan tertentu dan tidak menghasilkan efek buzz maka penekanan pada senar gitar sudah cukup
  •  Mengenjreng pada chord tertentu seenaknya. Ada beberapa chord yang tidak seharusnya dimainkan atau digenjreng dari senar 6 sampai senar 1. Biasanya para gitaris pemula mengenjreng dengan semangatnya sehingga mengenjreng semua senar. Hal ini berakibat suara yang dikeluarkan tidak enak didengar meskipun semua senar yang ditekan menghasilkan suara yang sempurna.
    • Solusi
      • Cobalah perhatikan list chord yang ada dan perhatikan mana yang seharusnya dibunyikan atau jika tidak ada list chord, maka perhatikan senar bass yang menjadi patokan chord tersebut. Dengan begitu suara yang dihasilkan chord yang digenjreng akan enak untuk didengar.
  •  Memainkan gitar dengan keras - keras terutama mengenjreng gitar. Tidak semua lagu enak dimainkan dengan semangat yang tinggi atau dengan keras - keras. Hal ini mengakibatkan orang yang mendengar permainan gitar bukannya menghayati lagu namun menjadi terganggu karena permain gitar
    • Solusi
      • Cobalah menghayati lagu tersebut dan perhatikan jenis dari lagu tersebut. Ada lagu yang melow yang bisa di mainkan dengan rhtyhm yang tidak terlalu keras suaranya ada lagu yang ceria yang dapat dimainkan dengan keras tapi dengan ritme yang enak untuk didengar

71 comments:

Agen XAMthone Plus Kuningan Says:
13 Februari 2013 11.54

Terima kasih atas solusinya.

teoakustik .gitar Says:
13 Februari 2013 17.44

sama2

rudi Says:
25 Februari 2013 14.00

terimakasih atas informasinya.
semoga sukses selalu

teoakustik .gitar Says:
25 Februari 2013 21.49

terima kasih atas dukungannya

pulsa murah jakarta Says:
1 Maret 2013 19.48

mantab brooo

teoakustik .gitar Says:
2 Maret 2013 23.59

trims bro

Anonim Says:
31 Maret 2013 14.30

lengkap bgt lesson-nya. tp msh ada yg bingung jg sih. sbnrnya, selain menghapal chords dan latihan rhythm apalg yg harus dikuasai? tx infonya :)

teoakustik .gitar Says:
31 Maret 2013 22.54

bisa petikan dan melody gitar

Anonim Says:
1 April 2013 10.56

sbnrnya sy udh lama blajar gitar tp cm tau kunci dasar utk mainin lagunya. selebihnya kurang paham, makanya blog ini ngebantu bgt. mohon bantuan nya ya, dan update-an ilmu gitarnya ditunggu bgt ^^ makasih

teoakustik .gitar Says:
1 April 2013 21.09

ok2 hehehe
trims buat dukungannya

Ricco Pratama Says:
12 April 2013 19.03

Halo kak..saya mau tanya..saya baru mulai belajar gitar..tapi pas dimainin ada suara buzz..saya ud tekan sekuat kuatnya,tapi masih bunyi buzz..kenapa yah?thx..

teoakustik .gitar Says:
12 April 2013 22.55

kemungkinannya ada jari lain yang menyentuh senar yang dipencet

pulsa murah tangerang Says:
17 April 2013 09.12

lama banget ane belajar gitar gan. . tapi gak bisa-bisa

teoakustik .gitar Says:
18 April 2013 00.39

latihan2 gan hehee

alzalfar36 Says:
18 April 2013 09.57

misi gann,gan ane bisa request lagu petikan perahu kertas gak?
soalnya di youtube pada kurang jelas..tolong bantuanya yah agan teo saya penggemar agan
kirim ke sini aja alzalfar36@gmail.com

teoakustik .gitar Says:
19 April 2013 00.18

sip2 deh, udah banyak banget yang request perahu kertas...
segera diupload ya

Egi Yusana Says:
30 April 2013 12.01

Gan , permisi neh saya udah lama bisa gitar tp , suara saya dengan nada kunci gitar fals mulu , nada tinggi nada rendah slalu begitu , ada solusi gx ..

teoakustik .gitar Says:
1 Mei 2013 09.40

kayaknya gitarnya harus di stem dulu deh hehe

PemulaGitar Says:
3 Mei 2013 17.21

gan teo , suara gitar ane kok sumbang ya , padahal stemnya udah bener

Nyoba Kunci Cmayor saya petik satu satu yg nggak jelas selalu di senar ke 2 , jari saya susah bgt mencet di fret satu , mohon solusinya gan teo .. :)

teoakustik .gitar Says:
3 Mei 2013 22.55

yakin stemnya udah bener ?

klo kurang jelas mungkin si jarinya kurang keras nekennya... biasanya pertama2 belajar gitar harus kuat2 mencetnya biar cepet terbiasa memencet senar gitar hehe

Anggit Muttaqin Says:
4 Mei 2013 09.24

Bang, mo nanya nih. Hhe. Klo emg dari fretboardnya yg uda melengkung ada solusi ga, bang?
Dari fret pertama emang bener tuningnya. Tapi kadang klo kita coba-coba melodi fret 12 ke atas kadang rada fales.

teoakustik .gitar Says:
4 Mei 2013 22.42

klo fret boardnya udah melengkung harus dibenerin dulu ke luthier alias pembuat gitar baru di fret 12 ke atas suaranya jadi bener

Obat herbal penyakit lupus Says:
20 Mei 2013 03.43

Jadi pengen mendalami gitar nih.

Obat herbal gagal ginjal Says:
20 Mei 2013 03.48

Makin tertarik aja nih untuk belajar gitar.

Anonim Says:
20 Mei 2013 14.38

penepatan jarinya gimana gan?????............

teoakustik .gitar Says:
20 Mei 2013 17.59

sesuai dengan chordnya gan

Usaha Ini Says:
13 Juni 2013 15.18

mantap!!!
thanks infonya...

Salam,

Usahaini.com
"anyone, anytime, anywhere"

teoakustik .gitar Says:
13 Juni 2013 16.43

trims gan

Anonim Says:
21 Agustus 2013 21.30

Terima kasih atas informasi nya.

teoakustik .gitar Says:
22 Agustus 2013 00.25

sama2

indra lesmana Says:
25 Agustus 2013 11.02

Asalamuallaikum

Bang mau tanya biasanya orang kan mengenjreng gitar menggunakan jempolnya,tapi saya tidak bisa menggunakan jempol.
saya mengenjreng gitar menggunakan dua jari yaitu jari telunjuk dan jempol yang disatukan tapi saya memakainya hanya jari telunjuk apakh itu jg bisa?

Mohon Solusinya!

teoakustik .gitar Says:
25 Agustus 2013 11.36

klo jari telunjuk juga bisa sih hehehe

indra lesmana Says:
26 Agustus 2013 21.22

tapi suaranya kadang gk enak tuh!

teoakustik .gitar Says:
26 Agustus 2013 23.21

nggak enak seperti apa ya ?

Anonim Says:
5 Oktober 2013 13.04

bro kalau petikan model punya artis andra itu gimana ya?

teoakustik .gitar Says:
6 Oktober 2013 07.03

udah ada kok pelajarannya
ini link pelajarannya
https://www.youtube.com/watch?v=igh3WKSbF_Q

bola368 Says:
7 Oktober 2013 12.03

gimana ya mas, biar suaranya itu bisa nyaring..
gak falesss..
info seputar bola, prediksi bola, dan semuanya yang berhubungan dengan bola, bisa Anda dapatkan di alamat www.bola368.net

teoakustik .gitar Says:
7 Oktober 2013 21.23

bisa gnti senar buat suaranya nyaring dengan senar yang elbih tebal... klo nggak fales bisa di stem dulu

rifaldi fadilah Says:
12 Oktober 2013 16.07

sangat bermanfaat

teoakustik .gitar Says:
13 Oktober 2013 16.47

trims buat dukungannya

Billy ZAELANI MALIK Says:
25 November 2013 22.02

nice gan ilmunya
d tunggu postingan selanjutnya

visit www.ipb.ac.id

teoakustik .gitar Says:
25 November 2013 23.34

trims buat dukungannya gan

Takiya ryuzaki Says:
27 November 2013 19.15

gan bisa minta ajrin ngak intro walau habis terang yang akustiknya ,gan tolong ya dibuat videonya gan mau belajar intronya soalnya gan hehe :)

teoakustik .gitar Says:
28 November 2013 13.58

posting di fan page ya requestnya hehe

Anonim Says:
30 November 2013 22.40

mumpunglagi ngelancerin maen gitar nih n sekarang dapet deh ilmunya.. thanks ya mimin :d
http://student.ipb.ac.id

teoakustik .gitar Says:
1 Desember 2013 06.21

sama2 hehe
semangat belajar gitar

hutman abdillah Says:
28 Desember 2013 10.41

kebetulan nih nemu info yg bermanfaat.

Trims ya ka'

teoakustik .gitar Says:
28 Desember 2013 23.22

sama2 ehhee

ikramansyah pecinta burung pleci Says:
10 Januari 2014 10.16

kak buatin dong vidio cara bermain akustik lagu iwan fals ijinkan aku menyangimu

teoakustik .gitar Says:
10 Januari 2014 17.00

posting di fan page requestnya

AGL - Team Says:
13 Januari 2014 07.19

Salam kenal....bagi yg ingin memperdalam gitar dari pemula sampai mahir secara lengkap silahkan klik disini
terimakasih

AGL - Team Says:
13 Januari 2014 07.25

Salam kenal....bagi yg ingin memperdalam gitar dari pemula sampai mahir secara lengkap silahkan klik disini
terimakasih

Rizki Anugrah Says:
16 Januari 2014 14.35

thenks ya atas lmu nya, sekarang aku bsa jd penyihirr gitarr...
hahahhahah

teoakustik .gitar Says:
16 Januari 2014 19.02

penyihir gitar ?

Rizki Anugrah Says:
16 Januari 2014 21.46

hahaha istilah nya tuu, penyihirr tuu istilah saja
karna sudah menuntut ilmu di blog ini... :D

teoakustik .gitar Says:
17 Januari 2014 10.34

hahha sip2 deh

Muhammad Hufada Says:
2 April 2014 15.51

Kang, Ane pngen Blajar Langsung, dimana alamat Kopo nya...?, Haturnhun

HajerimiN jimi Says:
15 Mei 2014 22.05

misi,, aku mau tanya nih,, kalau soal chord aq tau tpi cara memetik senarnya yang teratur susah sekali, ada solusi nga?

teoakustik .gitar Says:
16 Mei 2014 21.57

@hufada bukan di kopo kok, dideket itc kebon kelapa :D
@jimi udah liat pelajrn petikan ?

Anonim Says:
19 Mei 2014 14.59

Gimana caranya pemula bisa petikan fingerstyle gan? Infonya pliss

herdan wardana Says:
13 Februari 2015 11.47

Makasih solusinya

teoakustik .gitar Says:
14 Februari 2015 00.53

@anonim harus tau melody dlu
@herdan sama2 :)

Gustika Maulana Says:
1 Maret 2015 06.45

Request Budi Doremi - asmara Nusantara, kalo bisa sih yang fingerstyle. terimakasih.

teoakustik .gitar Says:
1 Maret 2015 08.25

@gustika requestnya dfan page ya

jena Says:
6 April 2015 17.11

Hi ,

list kunci gitar nya tidak bisa aku print, boleh ga kalau dikirimkan ke email atau dibuat lebih jelas di web-nya?

Thank you

teoakustik .gitar Says:
7 April 2015 00.46

@jena hi juga, list kuncinya kamh bsa save dlu bru diprint… cranya tgal klik kanan digambarnya terus klik save

Anonim Says:
16 Oktober 2015 21.06

kak, aku udah nyoba metik senar sekuat mungkin, tapi suaranya masih aja ada bunyi zret-zret kayak gitu, dan jari" aku malah sakit
solusinya gimana kak? :'v
makasih banyak ya kak

teoakustik .gitar Says:
17 Oktober 2015 01.05

@anonim terus latihan, lama2 juga bisa kok
coba cek video "akustik gitar kesalahan dalam belajar gitar" ya

Putu Andi Says:
27 Desember 2015 16.40

Gan ane lagi blajar kunci yg agak rumit misal F BM B itu klo dimainin lama kok sakit jempol sama telunjuknya apalagi kunci yg agak ke tengah lagi, solusinya gmn y ??

teoakustik .gitar Says:
31 Desember 2015 00.13

@putu mungkin jempolnya salah posisi jadi kyk gitu

poyo amazing Says:
12 Januari 2016 18.33

gan kalo saya genjreng gitar pas up kok suaranya agak nggak enak dan tidak beraturan contoh: D D UDUD D gimana solusinya, thanks

Poskan Komentar