Memakai Feeling Atau Perasaan


Metode ini sangat sering dikatakan oleh pemain gitar yang sudah sering dalam bermain gitar untuk mencari kunci gitar atau chord dalam sebuah lagu. Sebenarnya memakai feeling atau perasaan ada rumusan tertentu yang membantu pemain gitar dalam mencari kunci gitar sehingga pemain gitar dapat mengiringi lagu yang diinginkan. Jika ingin mencari kunci gitar dengan feeling atau perasaan, maka seharusnya pemain gitar sudah biasa untuk mengiringi beberapa lagu sehingga pemain gitar ada gambaran untuk mencari kunci gitar dalam sebuah lagu. Sebelum menemukan kunci gitar dengan memakai feeling atau perasaan, perhatikan daftar kunci dibawah ini :

NO
Kunci Dasar C
Kunci Dasar D
Kunci Dasar E
Kunci Dasar F
Kunci Dasar G
Kunci Dasar A
Kunci Dasar B
1
C
D
E
F
G
A
B
2
G
A
B
C
D
E
F#
3
F
G
A
Bb
C
D
E
4
Am
Bm
C#m
Dm
Em
F#m
G#m
5
Dm
Em
F#m
Gm
Am
Bm
C#m
6
Em
F#m
G#m
Am
Bm
C#m
D#m
Setelah mengetahui kunci – kunci gitar apa saja yang digunakan dalam kunci dasar sebuah lagu, maka barulah pemain gitar dapat menentukan kunci gitar dalam sebuah lagu dengan memakai feeling atau perasaan. Rumusan untuk mencari kunci gitar dalam sebuah lagu dengan menggunakan feeling atau perasaan, yaitu :
  • Pada awal lagu kebanyakan menggunakan kunci dasarnya. Misalkan, lagu “Kerja Giat” memiliki kunci dasar D, maka diawal lagu pemain gitar dapat bermain pada kunci dasarnya yaitu chord D atau chord bernomor 1
  • Pada akhir lagu kebanyakan menggunakan kunci dasarnya (sama halnya dengan awal lagu)
  • Jika nada dari sebuah lagu terdengar naik atau tinggi, maka chord yang dapat digunakan yaitu chord bernomor 3
  • Jika nada dari sebuah lagu terdengar naik atau tinggi namun ingin memberikan suasana yang berbeda, maka chord yang dapat digunakan yaitu chord bernomor 5 atau 6
  • Jika nada dari sebuah lagu terdengar turun atau rendah namun ingin memberikan suasana yang berbeda, maka chord yang dapat digunakan yaitu chord bernomor 4
  •  Jika nada agak lebih tinggi dari awal lagu, maka chord yang dapat digunakan adalah chord bernomor 2
  • Untuk menyambung dari bait pertama ke reff atau dari bait pertama ke bait kedua dapat menggunakan chord bernomor 2

Rumusan diatas adalah rumusan yang tidak pasti, hanya bersifat membantu untuk menemukan kunci gitar dengan menggunakan feeling. Biasanya sebuah lagu memiliki tingkat variasi kunci yang berbeda sehingga selain rumusan diatas, pemain gitar harus terbiasa untuk mendengar dan mencoba – coba kunci gitar mana yang cocok.

44 comments:

Gelar Reka Putra Says:
6 April 2013 10.56

bacanya ke samping apa ke bawah?

teoakustik .gitar Says:
7 April 2013 00.28

bacanya ke bawah...

shofi Says:
11 Mei 2013 22.54

i like, gan, kalau kunci dasarnya minor gmn minor gmn? saya dri musik qhosidah rebana, saya kalau nyari melodinya bs, tp coba nyari kunci2nya koq susah bgt z, mhon penjelasannya, trim

teoakustik .gitar Says:
11 Mei 2013 23.29

kalau kunci dasarnya minor beda lagi caranya hehe

klo dari melody bisa liat disini
http://belajarakustikgitar.blogspot.com/2012/11/dengan-nada-dari-sebuah-lagu.html

anaz davinci Says:
10 Oktober 2013 09.07

mas minta nmr hp nya aku mau nanya bgmna bermain gtar bg pemula

Agus Eka Saputera Says:
16 Oktober 2013 09.03

Bagus Banget tutornya, mantab kang......ijin pantau yah..:)

teoakustik .gitar Says:
16 Oktober 2013 10.15

trims buat dukungannya
selamat belajar hehe

Anonim Says:
11 Desember 2013 16.29

mohon ijin artikelnya untuk dipelajari...

teoakustik .gitar Says:
11 Desember 2013 17.51

silahkan hehe

Dek Uah Says:
25 Februari 2014 16.56

maaf agak menyimpang!! toturial musik country bluegrass ad gak?

teoakustik .gitar Says:
25 Februari 2014 21.05

trims buat masukannya
wah nggak ada nih hehe

Anonim Says:
14 Juni 2014 10.35

saya guru sd min.
biasanya untuk lagu anak-anak, mulainya dari kunci apa?
misalnya lihat kebunku, aku anak indonesia dll?
thanks.

teoakustik .gitar Says:
15 Juni 2014 19.16

biasanya suara anak2 masih rendah
cobain nada dasar C, D atau G

Anonim Says:
9 Desember 2014 09.35

blognya membantu banget..

teoakustik .gitar Says:
9 Desember 2014 10.41

@nonim trims buat dkungannya

Aldi Gustavo Says:
31 Maret 2015 22.23

Min tau kunci variasi gak yang biasa dimainkan band bergenre skate punk

teoakustik .gitar Says:
1 April 2015 05.37

@aldi hm bisa gunain power chord :)

Yoga JesayTRGN Says:
3 Mei 2015 13.46

Kenapa ya Aku dh main gitar 6 Bulan Tapi, Cari Chord nya aja susah? Padahal Main Gitar Tiap hari
Mohon Pencerahanya Min

teoakustik .gitar Says:
4 Mei 2015 00.18

@yoga kamu belajar chord apa aja ya ?

Yoga JesayTRGN Says:
14 Mei 2015 14.14

Kalo Lagunya Banyak, Sempurna, semua tentang kita, Let her go, Sayang, BANYAK LAH....
Tpi Aku sering cari Nada Nya kak, Kayak Selamat Ulang tahun, aku dh bsa main petikan ku sendiri tpi gak "satu tali"
Maksud ku tau Chord nya Dikit dikit tau petikannya
Tpi Masalahnya Cari Chor sebuah lagu sendiri butuh waktu 15m menit!
Di Mana Kesalahan ku ya kak? ato aku gak punya Bakat

teoakustik .gitar Says:
15 Mei 2015 01.26

@yoga kalau itu udah bagus kok, dilatih2 terus aja nanti juga jadi cepet nyari kunci di satu lagu

Yoga JesayTRGN Says:
15 Mei 2015 13.38

Amin...
Thanks y... Min!

teoakustik .gitar Says:
16 Mei 2015 01.05

@yoga sama2 :D

Teo Filus Says:
20 Mei 2015 22.04

Mas kita sama namanya tapi tidak apa-apa
adakah pin bbm mas? atau no hp? saya boleh minta? biar kalau mau tanya bisa langsung mas
hehehe :)

teoakustik .gitar Says:
21 Mei 2015 00.33

@teo wah iya nh, kmu bsa tnya2 ke fan page langsung ya

Anonim Says:
22 Juni 2015 18.09

Gan mau nanya. Maksud dari nada lagu yang tinggi itu apa? Nada vokalis yang tinggi?

teoakustik .gitar Says:
23 Juni 2015 00.39

@anonim iya betul

Putra Pajama Says:
29 Juli 2015 21.04

saya malah sudah 2 tahun main gitar dan sudah banyak hafal chord gitar tapi sampai sekarang tidak tau cara menentukan kunci gitar dalam sebuah lagu,kira" saya salahnya dimana ya???

Putra Pajama Says:
29 Juli 2015 21.04

tolong dibantu gan..

teoakustik .gitar Says:
30 Juli 2015 00.23

@putra kmu harus tau dulu suatu lagu nada dasarnya apa, nggak bisa langsung tebak semua kunci
misalkan lagunya itu nada dasar C.. kunci2nya pasti C Dm Em F G Am

Putra Pajama Says:
30 Juli 2015 12.42

och jadi begitu,cmua cra tau kalau lagu itu nadany kunci C misalnya,kira" bgmna??? karna saya lemahnya disitu,tidak bisa nentuin nada..

yoga jesay tarigan Says:
1 September 2015 20.05

Bukan kah Mecarai Nada dasar nya pakai feeling atau perasaan,
Ya kalo tau Chord Atau Di hapal, Itu seperti kak @Teo.
Salah nya, Nada dasar Asli lagunya Kemungkinan Tidak sama dengan Yang anda hapal. Contohnya :
Nada dasar Sebuah Lagu ASLI : F
Tapi Bisa Di Ubah Ke C atau yang lain nya(Tetap Masuk)
Caranya ya tebel di atas.... >Dh Sok Tau< hehehe

teoakustik .gitar Says:
3 September 2015 01.04

@putra cara paling gampang itu tebak kunci pertama di lagu, biasanya itu nada dasarnya
@yoga wah kalau pendengarannya belum sensitive bisa kayak yang kamu omongin "Nada dasar Asli lagunya Kemungkinan Tidak sama dengan Yang anda hapal"

Anonim Says:
10 Oktober 2015 22.20

Kak kalo ada chord yg kaya D/A# itu dibacanya apa? Terus cara nentuin nya gimana?
Hatur nuhun....

teoakustik .gitar Says:
12 Oktober 2015 00.59

@anonim bacanta "D on A#" artinya kuncinya D bassnya A#

Unknown Says:
14 Februari 2016 12.49
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Havez Khan Says:
14 Februari 2016 12.53

gan lagu kesempurnaan cinta rizky febian dia itu main di dasar apa? dasar yg gampang aja ya.. gan !

Anonim Says:
7 Maret 2016 10.04

Gan mau tny kalau pas lagu dimainin, kita biasanya main di C contohnya, tiba2 nada dasarnya diubah oleh penyanyinya, kita nemuin chordnya supaya bisa ngiringin gmn ya ? Tq

teoakustik .gitar Says:
8 Maret 2016 00.47

@havez udah ada kok video peljrnya
@anonim mungkin sebelumnya harus tanya dlu iasanya main di nada dasar apa

amran siregar Says:
25 Juni 2016 18.01

Kak da makanan biar kuping lebih sensitif dengan nada lagu

amran siregar Says:
25 Juni 2016 18.01

Kak da makanan biar kuping lebih sensitif dengan nada lagu

Angga So Says:
9 September 2016 11.31

Makasih gan, tutorial diatas sangat membantu

Astrid Ontoh Says:
9 Desember 2016 11.45

Sangat membantu. Trimakasi

Ula Firdaus Says:
3 Februari 2017 07.59

bro mw nanya,,apakah dalam sebuah lagu mesti ada kunci dasar nya???
sebab ada sebuah lagu kuncinya Am G Dm,itu udh masuk.
apakah C jg harus ada?? makasih

Poskan Komentar