Melody Bentuk C




Titik yang ada pada fret ke – 1 ditekan dengan jari telunjuk
Titik yang ada pada fret ke – 2 ditekan dengan jari tengah
Titik yang ada pada fret ke – 3 ditekan dengan jari manis

Nada yang dihasilkan yaitu :


·         Senar ke – 6, fret ke – 0 = Mi
·         Senar ke – 6, fret ke – 1 = Fa
·         Senar ke – 6, fret ke – 3 = Sol
·         Senar ke – 5, fret ke – 0 = La
·         Senar ke – 5, fret ke – 2 = Si
·         Senar ke – 5, fret ke – 3 = Do
·         Senar ke – 4, fret ke – 0 = Re
·         Senar ke – 4, fret ke – 2 = Mi
·         Senar ke – 4, fret ke – 3 = Fa
·         Senar ke – 3, fret ke – 0 = Sol
·         Senar ke – 3, fret ke – 2 = La
·         Senar ke – 2, fret ke – 0 = Si
·         Senar ke – 2, fret ke – 1 = Do
·         Senar ke – 2, fret ke – 3 = Re
·         Senar ke – 1, fret ke – 0 = Mi
·         Senar ke – 1, fret ke – 1 = Fa
·         Senar ke – 1, fret ke – 3 = Sol


*Nada yang dihasilkan adalah nada dengan kunci dasar C
**Senar dibunyikan pada fret ke – 0 artinya jari tidak menekan pada fret manapun



Bentuk melody C dapat dimainkan pada fret berapapun asalkan dengan menambahkan satu titik lagi untuk menggantikan fret ke – 0. Patokan nada yang menggantikan fret ke – 0 harus ditekan dengan memakai jari telunjuk dan pada fret lainnya ditekan dengan jari tengah, manis, dan kelingking. Misalkan melody dengan bentuk kunci C dimainkan pada fret ke – 2 (menjadi kunci dasar D). Bentuk melodynya akan sama, namun yang berbeda hanya pada penambahan titik untuk menggantikan titik pada fret ke – 0. Contohnya :


Titik yang ada pada fret ke – 2 ditekan dengan jari telunjuk
Titik yang ada pada fret ke – 3 ditekan dengan jari tengah
Titik yang ada pada fret ke – 4 ditekan dengan jari manis
 Titik yang ada pada fret ke – 5 ditekan dengan jari kelingking

Nada yang dihasilkan yaitu :


·         Senar ke – 6, fret ke – 2 = Mi
·         Senar ke – 6, fret ke – 3 = Fa
·         Senar ke – 6, fret ke – 5 = Sol
·         Senar ke – 5, fret ke – 2 = La
·         Senar ke – 5, fret ke – 4 = Si
·         Senar ke – 5, fret ke – 5 = Do
·         Senar ke – 4, fret ke – 2 = Re
·         Senar ke – 4, fret ke – 4 = Mi
·         Senar ke – 4, fret ke – 5 = Fa
·         Senar ke – 3, fret ke – 2 = Sol
·         Senar ke – 3, fret ke – 4 = La
·         Senar ke – 2, fret ke – 2 = Si
·         Senar ke – 2, fret ke – 3 = Do
·         Senar ke – 2, fret ke – 5 = Re
·         Senar ke – 1, fret ke – 2 = Mi
·         Senar ke – 1, fret ke – 3 = Fa
·         Senar ke – 1, fret ke – 5 = Sol


*Nada yang dihasilkan adalah nada dengan kunci dasar D
Titik yang ada pada fret ke – 2 dapat diganti dengan alat bantu yaitu capo, dan cara menekan melody bentuk C menjadi sama dengan formasi awal, yaitu fret ke – 2 dianggap fret  ke – 0 jika memakai capo. Patokan fret untuk kunci – kunci dasar lain dengan kunci C dapat memakai sifat dari senar gitar yaitu, jika naik 1 fret maka nada dasar akan naik 1/2 nada dan juga sebaliknya. List patokan fret dengan kunci dasar dengan menggunakan melody bentuk kunci C :


·         Fret ke – 0 = Kunci dasar C
·         Fret ke – 2 = Kunci dasar D
·         Fret ke – 4 = Kunci dasar E
·         Fret ke – 5 = Kunci dasar F
·         Fret ke – 7 = Kunci dasar G
·         Fret ke – 9 = Kunci dasar A


64 comments:

Bima Dhika Says:
3 April 2013 08.21

Tks. Kawan ...

teoakustik .gitar Says:
3 April 2013 15.31

sama2, kawan

Anonim Says:
22 Mei 2013 16.53

itu mana yang nada rendah mana yg sedang dan mana yg tinggi??

teoakustik .gitar Says:
22 Mei 2013 21.34

senar makin ke bawah makin tinggi nadanya

Inas Nuss Says:
24 Juni 2013 14.49

kak, itu penjelasanya susah dipahami. maklum saya pemula, tapi ada cara selain itu gak kak ?

Rizki ReZ CherBonz Says:
4 Juli 2013 00.45

Terimakasih Mas Teo MANTAP....

teoakustik .gitar Says:
4 Juli 2013 00.53

@inas ada penjelasan lewat video kokm udah liat pelajarannya ?

@rizki sama2 hehe

Anonim Says:
18 September 2013 21.05

kak, fret itu artinya apa??
#pemula

java Says:
4 Oktober 2013 05.49

mantap terimakasih untuk pelajarannya :D

teoakustik .gitar Says:
4 Oktober 2013 09.57

sama2 hehe

arga tona Says:
11 Oktober 2013 13.47

Apa cuman kayak gitu semua ya bentuk melodi dasar? Soalnya ada juga yang lain dari itu saya lihat. Jadi mana yg benar ni?

teoakustik .gitar Says:
11 Oktober 2013 23.19

kamu lihat yang seperti apa ya ?
memang melody banyak macamnya

Anonim Says:
20 Oktober 2013 23.18

Thanks kak... :)

teoakustik .gitar Says:
21 Oktober 2013 09.48

sama2

Baguz Febrianzah Says:
22 November 2013 01.28

ijin copas kak,, thanks,, :) http://baguzfebrianzah.blogspot.com/

teoakustik .gitar Says:
22 November 2013 09.10

ok hehe

Anonim Says:
30 Desember 2013 02.47

kak ada sy kirim pesan di email. . mohon di cek. Terimakasih

Anonim Says:
4 Januari 2014 16.32

thank,ya tapi numoang tanya nih apa kunci g,f,a d itu sama ga kaya nada do soalnya saya juga ada dari temen yang bilang kaya gitu....thank ya :D

teoakustik .gitar Says:
5 Januari 2014 01.29

itu namanya nada huruf.... klo misalkan nada dasarnya C berarti Do = C, tapi klo nada dasarnya G, berarti Do = G

Anonim Says:
11 Januari 2014 16.59

ini bisa masuk gk kalo kita main kan dengan lagu mengheningkan cipta ?

teoakustik .gitar Says:
14 Januari 2014 05.48

bisa2 hshe

Anonim Says:
15 Januari 2014 13.28

mohon penjelasan kak
titik nada dasarnya
1=e dmna? 1=f dmna? dst

teoakustik .gitar Says:
16 Januari 2014 09.43

klo 1 = f bia menggunakan bentuk melody F
klo 1 = e bisa menggunakan bentuk melody C lanjutan
cek pelajarnnya di youtube ya

Anonim Says:
27 Januari 2014 20.35

B-nya fret keberapa kak ??

teoakustik .gitar Says:
27 Januari 2014 23.58

klo Bnya bisa ambil bentuk melody A hehe

Handrian Sanjaya Says:
10 Februari 2014 20.43

cara penggabungan bentuk melodi gimana gan?

teoakustik .gitar Says:
11 Februari 2014 00.51

udah ada pelajarannya kok di youtube hehe

Deni Krismandala Says:
29 Maret 2014 23.21

masih gangerti bang

Wawan Setiaku Says:
22 April 2014 00.20

gan,..cara ngapalinnya gimana,..
terus cara cari melody kunci2 yang lain juga gimana ?
thx

teoakustik .gitar Says:
22 April 2014 04.36

@wawan sering2 latihan aja hehe
coba cek peljrn bentuk melody lain deh hehe

Linus Gowes Says:
28 Mei 2014 15.23

makasi ngerti kak

teoakustik .gitar Says:
28 Mei 2014 22.49

@linus sama2 :D

Anonim Says:
29 Mei 2014 06.40

makasih maksih atas pmberitahuannya bang teo

teoakustik .gitar Says:
29 Mei 2014 23.24

@anonim sama2 :D

Wahyu Dwiliyanto Says:
19 Juli 2014 10.47

ka kalau mau nyari melody lagu gemanah tuh?
ceritannya lagunnya awalnya cord c nah bentuk melodi yang di mainkan di bentuk melodi apa?

teoakustik .gitar Says:
19 Juli 2014 21.44

bentuk melody C :)

Wahyu Dwiliyanto Says:
23 Juli 2014 04.33

Berarti semua juga sama ka kalau cordnya A bentuk melody A dan seterusnya.

teoakustik .gitar Says:
23 Juli 2014 11.15

bukan chord tapi nada dasar

safri ihza Says:
6 Oktober 2014 14.30

Mas teo pelajaran permainan melody di you tube yang lagu doraemon itu pake contoh *nada yang dihasilkan *yang diatas sendiri bisa gak maksudnya doreminya

teoakustik .gitar Says:
7 Oktober 2014 00.42

maksudnya yang diatas sendiri ?

safri ihza Says:
7 Oktober 2014 13.19

Senam jari di butuhkan gak sih sebelum belajar melodi

teoakustik .gitar Says:
7 Oktober 2014 19.40

butuh dan nggak sih, soalnya belajar melody juga bisa ngelemesin jari

safri ihza Says:
8 Oktober 2014 17.10

Mas maaf tannya lagi seumpama main lagu peterpen smua tntng kita pake melody c itu melody yang di mainkan hanya 4 bait pertama/reff reff nya bisa dimainin pake melody c.?

teoakustik .gitar Says:
8 Oktober 2014 22.45

maksudnya ?

Ana 1995 Says:
1 Desember 2014 20.04

Kak teo, tutorial donk lagunya The Virgin yg cinta terlarang dari mulai Intro Chord sama Melody2nya itu lho Kak. Pokoknya dari awal mpe abis. Haha. Thanks before. Ditunggu ya.

teoakustik .gitar Says:
2 Desember 2014 01.48

@ana posting di fan page ya requestnya :D

Anonim Says:
7 Januari 2015 19.56

Hy kak, sorry nih kepo.. punya fb gk kak?
Tinggal dimana kak?? Saya di Bali kak^^

teoakustik .gitar Says:
8 Januari 2015 00.36

@anonim tgal dbandung nh :)
fan page teoakustikgitar hehe

gunawan shb Says:
21 Maret 2015 17.04

Gan,, skala melody C aku dah paham..slanjutnya gmn gan? Sy bingung klanjutannya gan..
Mksh

teoakustik .gitar Says:
22 Maret 2015 00.09

@gunawan selanjutnya bisa ke melody bentuk C lanjutan

Alfa ris Says:
15 Oktober 2015 20.03

Aku baru tau kalo kak teo ada blognya,, youtube channel sama blognya berguna semua,,, Thnks kak,,

erlinda siagian Says:
5 Januari 2016 13.36

Guru besar..aku mau nanyak ini..
Melodi dari dasar kunci G..

teoakustik .gitar Says:
6 Januari 2016 00.23

@erlinda saya masih guru kecil kok hehe
udah ada kok postingannya yang nada dasar G

nanang khosim Says:
8 Februari 2016 11.40

Metiknya gimana mas...

teoakustik .gitar Says:
11 Februari 2016 00.22

@nanang diteken terus dipetik di senar yang diteken

ujang Says:
15 Februari 2016 17.17

Ka melodi c ini untuk lagu apa kira kira yg cocok

teoakustik .gitar Says:
17 Februari 2016 01.11

@ujang semua tentang kita ?
semua yang nada dasar C cocok kok

Unknown Says:
15 Mei 2016 22.52

Kak melodi Db,Eb,F#,Ab,Bb, kok gak ada, apa memang gak ada melodi nya atau gimana?

andry siregar Says:
7 Agustus 2016 22.23

Bang klo F itu dalam solmisai = SO(5)gak?

bachtiar fahmi Says:
28 Agustus 2016 19.25

Yang pengen belajar gitar khususnya fingerstyle, silahkan mampir di blog saya.
newartikelfahmi.blogspot.com

ikhsan Says:
29 Agustus 2016 20.21

Ka itu bentuk melody cuna ada C sama D doang? Apa masih banyak lagi?

ikhsan Says:
29 Agustus 2016 20.21
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
eko saputra Says:
3 Oktober 2016 11.12

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone : 085363402103
PIN : D364EDCB

Ahmad Riswara Says:
3 Januari 2017 20.18

bagus Kak pelajarannya,trm ksh
My blog

Poskan Komentar