Dengan Nada Dari Sebuah Lagu


Mencari kunci gitar atau chord sebuah lagu dapat dicari dari nada dari lagu tersebut. Biasanya lagu yang dicantumkan nadanya adalah lagu – lagu klasik, nasional, rohani, dan lain – lain. Jarang sekali lagu pop mencantumkan nada karena biasanya langsung dicantumkan kunci gitarnya untuk mengiringi. Jika sudah ada nadanya dan belum ada kunci gitarnya, hal yang dapat dilakukan untuk mencari kunci gitar yaitu dengan cara memperhatikan sifat dari tiap kunci gitar atau chord gitar. Kunci gitar adalah hasil dari gabungan nada – nada, oleh karena itu untuk mencari kunci gitar dapat menggunakan hal tersebut. Nada - nada yang ada dalam sebuah lagu menjadi patokan dalam menentukan kunci gitar. Patokan nada untuk mencari kunci gitar dalam sebuah lagu :

Nada
Kunci Dasar C
Kunci Dasar D
Kunci Dasar E
Kunci Dasar F
Kunci Dasar G
Kunci Dasar A
Kunci Dasar B
1, 3, 5
C
D
E
F
G
A
B
2, 7, (5)
G
A
B
C
D
E
F#
4, 6, (i)
F
G
A
Bb
C
D
E
6, 1, (3)
Am
Bm
C#m
Dm
Em
F#m
G#m
2, 4, (6)
Dm
Em
F#m
Gm
Am
Bm
C#m
5, 7, (3)
Em
F#m
G#m
Am
Bm
C#m
D#m
*  Patokan nada yang diberi tanda “()” adalah patokan nada pilihan atau optional
** Utamakan penggunaan kunci major
*** Gunakan kunci minor untuk mendukung karakteristik dari lagu
**** Penggunaan kunci gitar selain yang ada dalam tabel sangat memungkinkan
***** Penggunaan patokan nada lebih tepat digunakan pada nada sopran dan bass dari sebuah lagu

17 comments:

Anonim Says:
28 Desember 2012 14.12

gan itu mksd tabel yg diatas bs lbh diperjelas lagi untuk dimengerti agar org awam yg msh bru bljar tentang gitar bs mengerti:)
btw nice posting:)

teoakustik .gitar Says:
28 Desember 2012 22.45

ok2 deh...
nanti dikaji ulang dulu deh hehe

trims buat masukannya

(Jung Eui Chul) Says:
12 Maret 2013 14.36

lah kalo seumpanya ada not yang 1 5 6 gimana kuncinya?

teoakustik .gitar Says:
12 Maret 2013 15.05

tergantung not ketukannta berapa / berapa
klo misalkan dalam ketukan 4/4, jadi seperti ini

C F
| 1 5 6 . |

yang diambil sebagai patokan kuncinya nada pertama dan nada ke tiga

Fauzi kal - sel Says:
31 Maret 2013 17.39

Apakah ad tekhnik snam jari yg prlu d'kaji bagi gitaris pemula sprti saya . . ??

teoakustik .gitar Says:
31 Maret 2013 22.56

ada2 kok
di youtube sudah ada pelajarannya
"Akustik Gitar - Finger excercise"

Gelar Reka Putra Says:
6 April 2013 10.47

maksudnya nada 1,3,5 itu apaan? ane ga ngerti

teoakustik .gitar Says:
7 April 2013 00.28

1,3,5 itu angka not yang nadanya do, mi, sol...

Gelar Reka Putra Says:
8 April 2013 06.24

Pelajaran ini ada di Video ga gan? sumpeh ane ga ngerti :(

teoakustik .gitar Says:
9 April 2013 17.14

buat video pelajarannya masih belum ada nih hehehe,,, intinya banyak2 denger lagu dan hapal bunyi kunci gitar atau chord

Juio Blitz Says:
24 Mei 2013 03.04

Pelajaran bagus gan.

Menentukan kunci dri lagu ini : http://www.kidungonline.com/data/KJ/lirik/KJ-092-MALAM%20KUDUS.php

Apa ya gan?? Mohon dijelaskan scra terperinci.
nitointeristi@yahoo.co.id

Juio Blitz Says:
24 Mei 2013 03.06

Maaf gan, link yg di atas slah, mksd ane lgu yg ini : http://www.kidungonline.com/data/KJ/lirik/KJ-003-KAMI%20PUJI%20DENGAN%20RIANG.php
Thx.

RYAN SAM Says:
6 Januari 2014 11.37

wo

RYAN SAM Says:
6 Januari 2014 11.38

trima kasih atas masukannya

zahrael rael Says:
16 Januari 2016 14.23

lalu caranya mencari nada lagu sendiri dan mengepaskan chordnya gimana....??

teoakustik .gitar Says:
18 Januari 2016 00.41

@zahrael cek video "akustik gitar menemukan kunci di lagu"

Yogi Raflesia Says:
31 Januari 2016 06.16

kak Teo, tolong dong di permudah tabel minor nya, biar pemula seperti saya mudah untuk memahaminya

Posting Komentar