Cara Menyetem Senar Gitar (Menyamakan Suara Senar Gitar)


·         Menyetem gitar dengan menyamakan bunyi senar ke – n dengan senar ke n + 1. Jadi caranya adalah dengan menyamakan suara senar dengan senar setelahnya. Hal ini sangat sering digunakan bagi pemain gitar untuk menyetem gitar dikarenakan paling gampang dan sederhana. Cara penyetemannya :
o   Senar ke – 2 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 1, tetapi senar ke – 1 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 2 dan senar ke – 1.
o   Senar ke – 3 ditekan pada fret yang ke – 4, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 2, tetapi senar ke – 2 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 3 dan senar ke – 2.
o   Senar ke – 4 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 3, tetapi senar ke – 3 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 4 dan senar ke – 3.
o   Senar ke – 5 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 4, tetapi senar ke – 4 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 5 dan senar ke – 4.
o   Senar ke – 6 ditekan pada fret yang ke – 5, lalu dibunyikan. Setelah itu samakan dengan senar ke – 6, tetapi senar ke – 5 tidak ditekan pada fret apapun. Samakan bunyi senar ke – 6 dan senar ke – 5.

44 comments:

Anonim Says:
18 Desember 2012 12.08

thank 's . . sangat bermanfaat

teoakustik .gitar Says:
19 Desember 2012 00.39

trims buat masukannya

Refsti Mahardrian Says:
24 Desember 2012 09.04

tetap ga ngerti gan, maklum baru pemula

ini cara yang pling mudah yya ?

teoakustik .gitar Says:
24 Desember 2012 23.08

untuk lebih jelasnya bisa dilihat divideo ini

tidak menggunakan alat bantu
https://www.youtube.com/watch?v=b3qDt-P3czI&list=PLvXHmqKdTDTjA3s0g7D1P-QLq0wagQxQc&index=4

menggunakan alat bantu yang disebut tuner
https://www.youtube.com/watch?v=PG8bs7Tnx44&list=PLvXHmqKdTDTjA3s0g7D1P-QLq0wagQxQc&index=6

Anonim Says:
8 Februari 2013 17.47

kaka susah bgt nyetem gitar nya
gk bsa2 malah ngawurr

teoakustik .gitar Says:
8 Februari 2013 18.02

coba liat videonya diyoutube deh

https://www.youtube.com/watch?v=b3qDt-P3czI

My Crazy Diary Says:
31 Maret 2013 18.54

oh iya... itu senar 1 itu dimana ? pemula seperti saya ndak ngerti T_T

teoakustik .gitar Says:
31 Maret 2013 22.58

senar 1 itu yang paling bawah

Anonim Says:
19 April 2013 15.44

cara nyetem senar 1 nya gimana?

teoakustik .gitar Says:
20 April 2013 16.55

menyetem senar satu bisa disamakan nadanya (mi) dengan nada yang lain....

tapi klo tidak ada, se "enak" pendengaran aja

Diego Alif Says:
26 April 2013 13.18

Sangat bermanfaat bro buat newbie kaya ane. Thanks ilmunya

odi Says:
26 Mei 2013 00.05

cara yang gampang tapi susah bagi yang "feeling'-nya belum "jadi" seperti ane...

teoakustik .gitar Says:
26 Mei 2013 00.16

klo belum jadi bisa pake tuner buat nyetem gitarnya

BADUY GAUL Says:
4 Juni 2013 04.36

mkaasih bro penjelasan nya,,

BADUY GAUL Says:
4 Juni 2013 04.38

sangat membantuuuu sekali ,,,mksihhh

teoakustik .gitar Says:
5 Juni 2013 08.03

sama2
trims buat dukungannya hehehe

izad Says:
7 Juli 2013 12.09

sipp sippp

teoakustik .gitar Says:
7 Juli 2013 23.05

sip2 hehehe

riki Says:
24 Juli 2013 17.17

nyetem gitar dari atas pa bwah dlu sih

rendy Says:
2 Agustus 2013 22.07

susah klo msih yang awam, nyetem nya pendengarannya msih kacau

kelvin johanes Says:
4 Agustus 2013 08.39

thank , akhirnya bisa juga ??

teoakustik .gitar Says:
5 Agustus 2013 01.17

@riki biasanya sih dari bawah, biar senar 1 nggak ketinggian

@rendy pakai tuner aja biar gampang hehe

@kelvin sip2

benni bugama nurdin Says:
15 Agustus 2013 19.27

bro salam sejahtera n salam kenal
gw baru belajar maen gitar, skrng gw lg belajar stem gitar gw dah samain suara dari senar 6 sampe senar 1 klo gw petik suaranya ga ada masalah tpi klo gw genjreng suara gitarnya ga enak didengarnya bro, itu apanya yg salah ya? thanks sy tunggu jawabannya bro...

teoakustik .gitar Says:
16 Agustus 2013 00.08

salam kenal juga....
genjreng pake chord atau genjreng tanoa neken chord ?

Anonim Says:
25 Agustus 2013 13.23

Tetap gk bisa

teoakustik .gitar Says:
25 Agustus 2013 22.45

nggak bisa yang mana ya ?

Andhy Sang pengembara cinta Says:
12 September 2013 21.05

terima kasih broow !!!!!!!!

Anonim Says:
20 November 2013 16.43

Tuner itu apa bang..

teoakustik .gitar Says:
21 November 2013 07.12

alat buat stem hehe

Amry Slawress Waar Weer Says:
22 Februari 2014 11.38

klo udh ngikutin petunjuk di atas..
tetap ngga sama gmna gan..

teoakustik .gitar Says:
22 Februari 2014 23.21

@army dipetiknya bersamaan aja biar kedengeran sama atau nggak hehe

Anonim Says:
15 Mei 2014 11.33

mas makasih banyak ya,, saya udah liat di YT cara nyetem gitar tanpa bantuan :)
mas ini udah gantenng,, baik,, jago gitar juga :D
Makasih mas makasih (y) bantu saya banget ini :)

Anonim Says:
16 Mei 2014 17.54

kalo udah acak acakkan nadanya cara nyamain nadanya gimana

teoakustik .gitar Says:
16 Mei 2014 21.56

@anonim1 trims buat dukungannya ya, sama2 :D
@anonim2 acak2an gimana ya ?

Anonim Says:
18 Mei 2014 14.33

cara nyetem gitarnya gimana bang teo

teoakustik .gitar Says:
18 Mei 2014 20.18

@anonim maksudnya ?

Sharp Shooter Says:
22 Mei 2014 16.00

bang teo itu fretnya 4 atau 5 yg di senar 3,
saya tunggu jawabannya terima kasih

teoakustik .gitar Says:
23 Mei 2014 08.37

senar 3 fret 4 :D

Prasetyo Says:
2 Juli 2014 13.41

Mas teo cara belajarnya biar cepat gimana ya

Ari Fanto Says:
2 Juli 2014 14.26

i like it

teoakustik .gitar Says:
4 Juli 2014 00.20

@prasetyo rajin2 latihan :D
@ari trims buat dukungannya

Andri Se Says:
26 Oktober 2014 07.28

Baca ini juga gan ==>> Cara Nyetem Gitar Paling Mudah Pake hp android <===

Yuri Angga Says:
31 Maret 2015 09.07

gan ane stem gitar dah pas nih tp senar pertama ama kedua kenceng bget so agak susah pas ditekan :D bisa diakali kagak!!! :'( mohon pencerahan'nya suhu :D

teoakustik .gitar Says:
1 April 2015 05.39

@andri trims ya buat sharenya :D
@yuri hm... stemnya bisa diturunin 1 nada dari stem standarnya

Poskan Komentar